Tim mahasiswa magister kependudukan UGM yang berisi Sri Astutiningsih, Hening Januar Oktalia, Ismaturrahmi Suhaimi, Yumna Kinanthi, Hidayati Nur Rohmah, Abdul Rosyid Rexy Andryan, Ika Karunia Fatmala, dan Dwi Maryani Astuti. Tujuh mahasiswa ini telah mengambil peran aktif dalam memperoleh data yang akurat dan relevan dengan melakukan pencacahan rumah tangga dan indepth interview dengan informan pada tanggal 23 hingga 29 Oktober 2023. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan yang bertujuan untuk mengamati kondisi sosial, ekonomi, dan demografi masyarakat di RT 012/RW 004 Dusun Tambakbayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mereka untuk mendalami pengetahuan terkait dengan kondisi sosial, ekonomi, dan demografi masyarakat di wilayah tersebut.
Pada tanggal 12 Desember, delapan mahasiswa magister kependudukan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) telah melaksanakan presentasi hasil kuliah kerja lapangan. Proses presentasi tersebut membawa hasil dari upaya studi lapangan mereka yang telah dilakukan selama tujuh hari di Desa Caturtunggal. Melalui presentasi ini, mereka membagikan informasi yang telah mereka kumpulkan kepada publik, serta menerangkan temuan dan analisis mereka terkait dengan kondisi sosial, ekonomi, dan demografi di wilayah RT 012/RW 004 Dusun Tambakbayan.
Hasil dari kegiatan studi lapangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman lebih mendalam tentang masyarakat di wilayah tersebut. Dorongan untuk terlibat langsung dalam pengumpulan data di lapangan ini merupakan langkah penting bagi mahasiswa magister kependudukan UGM dalam mengaplikasikan teori-teori akademis mereka ke dalam praktik di masyarakat yang nyata. Dengan demikian, diharapkan bahwa hasil dari kegiatan ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat serta solusi yang lebih baik dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat tersebut.
Ini semua menunjukkan komitmen tinggi dari mahasiswa magister kependudukan UGM dalam menambah pengetahuan mereka serta turut memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapannya di lapangan untuk kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini selaras dengan pilar 3 SDGs Good Health and Well-Being dan pilar 4 SDGs Quality Education.
Penulis : Hidayati Nur Rohmah, Ika Karunia Fatmala